RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD 9 : Lagu


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/2
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Lagu
Skill                             : Speaking
Pertemuan Ke-          : 12 - 14
Alokasi Waktu          : 3 x 3 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9.    Menyebutkan  fungsi sosial dan kebahasaan dalam lagu
 4.9.   Menangkap pesan dalam lagu

B.  Indikator Pencapaian Kompetensi

1.         Menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
2.         Menjelaskan makna  lagu
C.  Tujuan Pembelajaran

1     .     Selama proses pembelajaran, siswa dapat menganalisis secara lisan disertai alasan logis tentang          fungsi sosial dan unsur kebahasaan suatu lagu
2.            Selama dan setelah pembelajaran, siswa dapat menunjukan perilaku gembira , tanggung jawab,           peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam memaknai dan menyanyikan lagu bersama teman dan
          guru

D.  Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam  berkomunikasi.
2.      Contoh Materi tentang lagu ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan suatu lagu

E.  Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :  Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode            :   Singing .




F.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.

10 menit
Inti
·         Siswa mencari/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
·         Siswa secara berkelompok menyanyikan lagu pilihannya sesuai yang didengar disertai ekspresi dan gerak tari. ( 1)
·         Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
·       Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
·         Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·       Siswa membuat kumpulan lagu-lagu yang bertema perdamaian, achievement,  move on, independency, dll.
105 menit






Penutup
·         Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
5  menit

Pertemuan  2-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·    Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10 menit
Inti
·         Siswa melaporkan  kumpulan lagu favorit mereka yang sudah dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
·         Antarsiswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang   dibuat.
·         Siswa mencari/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
·         Siswa secara berkelompok menyanyikan lagu pilihannya sesuai yang didengar disertai ekspresi dan gerak tari. ( 2 )
·         Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
·         Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
·         Secara individu siswa membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·         Siswa membuat kumpulan lagu-lagu yang bertema perdamaian, achievement,  move on, independency, dll.
·         Siswa secara berkelompok menyanyikan lagu (girlband/boyband)
105 menit






Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya: Presentasi
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
1.   Alat/ Media Pembelajaran: Worksheet
2.   Media :  audio/music
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir).
                                                                       
                                                                                           Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab  Tangerang                                           Guru Mata Pelajaran

               Ttd                                                                                          Ttd

Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                              Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                             NIP. 19670727 200701  2 011
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice