RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester : 11/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik :
Explanation Text
Skill :
Writing & Speaking
Pertemuan Ke- : 8 - 11
Alokasi Waktu :
4 x 3 x 40 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.2. Mengembangkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.8.
Membedakan makna fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang penjelasan
suatu fenomena.
4.8. Menangkap makna dari gejala alam secara lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XI.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat menjelaskan makna suatu fenomena
2.
Siswa dapat merespon teks suatu teks ilmiah faktual
3.
Siswa dapat meyusun laporan ilmiah faktual secara tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.
Siswa dapat menjelaskan suatu fenomena alam
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam
berkomunikasi dengan guru dan teman dalam teks ilmiah faktual .
2.
Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi teks ilmiah faktual
3.
Menjelaskan perbedaan makna fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks ilmiah faktual
4.
Menyampaikan penjelasan tentang fenomena
D.
Materi Pembelajaran
1. Penanaman sikap gembira, tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.
Contoh Materi Explanation / Factual Report + Passive
Voice ( terlampir)
3.
Penggunaan unsur-unsur kebahasaan
:
·
Fungsi Sosial
Menjelaskan,
memberi gambaran alasan terjadinya suatu fenomena
·
Struktur Teks
Dapat mencakup:
-
fenomena
-
identitas gejala
-
rangkaian penjelasan
·
Unsur Kebahasaan
-
Adverbia first, then, following, finally
-
Hubungan sebab-akibat (if –then, so, as a consequence, since, due
to, because of, thanks to
-
Kalimat pasif, dalam tenses yang present
-
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Benda-benda non manusia, seperti air,
penguapan, hujan dengan paparan yang menumbuhkan perilaku yang termuat dalam
KI
Fungsi social : Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan
karakter yang
positif
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik (scientific).
Strategi : discovery learning
Metode : Group Presentation/ live
report
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
· Siswa
ditanya tentang suatu fenomena dari
sekeliling kita “what is happening right now?broken
hearth ? young people traveling ? Oh ? OK! etc.
·
Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai . Ok everybody today we ‘ll talk about
explanation text
· Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus (yaitu reks ilmiah factual secara lisan dan tulis sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar)
· Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional
|
10
menit
|
Inti
|
· Siswa menerima suatu stimulus fenomena yang sedang
trending topic
· Siswa melakukan QA ( question and answer ) tentang
fenomena tersebut. ( Why & How )
· Siswa brain storming tentang fungsi suatu fenomena dalam kehidupan
sehari-hari sebagai mahluk sosial, di
sesuaikan dengan situasi dan
konteksnya
· Siswa
mendapat penjelasan tentang unsur kebahasaan explanation text ( first,
then, following, finally / if –then, so, as a consequence, since, due to,
because of, thanks to)
· Siswa menyimak
suatu fenoma
· Siwa
mendiskusikan fenomena secara in pair
/ berkelompok
· Siswa
menyampaikan hasil diskusi tentang fenomena yang didiskusikan.
· Siswa
diminta membawa satu contoh explanation text dalam kelompok untuk pertemuan minggu
depan
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
· Siswa
mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
· Siswa mengingat kembali
tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa
menyimak berbagai contoh fenomena yang mereka bawa
· Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan dari contoh fenomena
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi
rinci dan informasi tertentu
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru,
siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan
yang digunakan dalam paparan tersebut.
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari explanation
text.
· Siswa
mendengarkankan temannya membaca explanation teks dan membandingkan berbagai
teks lainnya dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai dengan konteks.
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report.
·
Siswa mengelompokkan struktur, fungsi
sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
·
Siswa mendapat tugas untuk mengemas
berbagai informasi dari explanation
text dalam berbagai bentuk berita.
·
Siswa mendiskusikan kerja kelompok Live Report dengan tema bebas yang
diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi pertemuan berikutnya.
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analis tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur
kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
|
5 menit
|
Pertemuan
3-4
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon
salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
·
Siswa mengingat kembali keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
· Siswa mengingat kembali
tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa
mennyiapkan kerja kelompok Live Report
yang diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi
· Siswa
bergantian mempresentasikan Live Report in
group presentation
in front of the class
· Siswa boleh
menyiapkannya di luar kelas
· Siswa
memperoleh evaluasi dan penguatan dari guru dan teman
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan. You did a great
job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your
participation. By the way, how do you feel to be in my class? Please
write your feeling, your problem and your success during my class in your
journal
·
Siswa menuliskan
permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
·
salam
|
5 menit
|
G. Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H. Penilaian
·
Penilaian Sikap : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
pembelajaran.
·
Penilaian Pengetahuan : Teknik non test bentuk pengamatan
·
Penilaian Keterampilan : Teknik lisan
(permormace)
(
Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)
Tangerang, Juli
2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab.
Tangerang Guru
Mata Pelajaran
Ttd Ttd
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd. Sumiyati,
S.Psi
|
NIP. 19590522 198603 1 007 NIP.
19670727 200701 2 011
|
Komentar
Posting Komentar