RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 6. Surat Pribadi
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester : 11/2
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik :
Surat Pribadi
Skill :
Writing & Reading
Pertemuan Ke- : 1 - 3
Alokasi Waktu : 3 x 3 x 40 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.
Menunjukkankan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional
3.4.
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.7. Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8. Menyusun teks surat pribadi, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai kontek.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat mengidentifikasi suatu
surat pribadi
2.
Siswa dapat menjelaskan makna teks
surat prinadi
3.
Siswa dapat merespon surat
pribadi
4.
Siswa dapat meyusun surat pribadi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Menunjukkan kesungguhan belajar
bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman yang berkaitan dengan
surat pribadi.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, percaya
diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi yang berkaitan dengan surat
pribadi .
3.
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan berkaitan surat pribadi
4.
Menyusun teks lisan dan tulis berkaitan
dengan surat pribadi.
D.
Materi Pembelajaran
1. Penanaman sikap gembira, tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.
Contoh Materi Surat Pribadi ( terlampir)
3.
Penggunaan unsur-unsur kebahasaan
:
· Kata dan
tata bahasa baku
· Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan
kata
· simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
·
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
(scientific).
Strategi :
discovery learning
Metode : Discussion,
role playing
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi kelas.
· Siswa
dibacakan suatu surat pribadi
·
Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai (talking about undangan resmi. Ok everybody today we ‘ll talk about
personal Letter)
· Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus (yaitu personal letter secara lisan dan tulis sesuai konteks
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar)
· Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa brain
storming tentang fungsi surat pribadi dalam kehidupan sehari-hari sebagai
mahluk sosial, di sesuaikan
dengan situasi dan konteksnya
atau
· Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
-
Fungsi Sosial;
-
Struktur
-
Unsur kebahasaan yang
digunakan dalam surat pribadi.
· Siswa
Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai
sumber (a.l. media massa, internet).
· Siswa
membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
· Siswa
menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan.
·
Siswa
berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
·
Siswa
mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan
informasi tertentu
· Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi yang lain
dari berbagai sumber / yang tersedia
·
Siswa berdiskusi
menentukan gagasan utama, dan
informasi rinci dan informasi tertentu
· Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi
sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·
PR : membuat surat pribadi untuk teman , guru, dll
|
5 menit
|
Pertemuan
2-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa
merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi kelas.
·
Siswa mengingat kembali
keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
·
Siswa mengingat kembali tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa
membacakan surat pribadi yang dibuatnya untuk guru, teman, dll. in group discussion/in random in front of
the class
· Secara
berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari surat pribadi
dari anggota kelompok lainnya.
· Siswa
menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
· Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
·
Siswa memperoleh penguatan dari guru
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan. You did a great
job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your
participation. By the way, how do you feel to be in my class? Please
write your feeling, your problem and your success during my class in your
journal
·
Siswa menuliskan
permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
·
salam
|
5 menit
|
G. Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H. Penilaian
·
Penilaian Sikap : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
pembelajaran.
·
Penilaian Pengetahuan : Teknik non test bentuk pengamatan
·
Penilaian Keterampilan : Teknik lisan
(permormace)
(
Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir) Tangerang, Juli
2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab.
Tangerang Guru
Mata Pelajaran
Ttd Ttd
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd. Sumiyati, S.Psi
|
NIP. 19590522 198603 1 007 NIP. 19670727 200701 2 011
|
Komentar
Posting Komentar