RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/2
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Cause and Efeect
Skill                             : Writing & Speaking
Pertemuan Ke-          : 4 - 7
Alokasi Waktu          : 4 x 3 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.  Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional  
3.7.    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari Cause and Effect tentang suatu keadaan, kejadian, tindakan di sekolah yang layak dibahas sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.7.  Menyusun teks interaksi terkait hubungan sebab dan akibat baik lisan maupun tulisan , dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mendeteksi struktur kebahasaan terkait informasi sebab akibat    
2.         Siswa dapat menggali makna dari informasi sebab akibat
3.         Siswa dapat mengemas suatu kejadian terkait sebab akibat  dalam bentuk lisan dan tulisan    
4.         Siswa dapat menyampaikan suatu kejadian terkait sebab akibat  dalam bentuk lisan dan tulisan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman terkait hubungan sebab akibat.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  terkait hubungan sebab akibat.
3.         Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait hubungan sebab akibat   
4.         Menyusun teks lisan dan tulis terkait hubungan sebab akibat   


D.    Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi Cause and Effect  ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
·       Struktur Teks
-               Memulai
-               Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·           Unsur Kebahasaan
-     Kata yang menyatakan hubungan sebab akibat: because of ..., due to ..., thanks to ...
-     Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-     Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·           Topik
Keadaan, perbuatan, tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang layak dibahas melalui sebab akibatyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.
E.      Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode            :   Group work
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa ditanya tentang suatu sebab akibat  “what is the last meeting session ? personal letter ! what is reason people make a personal letter? Good! etc.   
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (talking about cause and effect . Ok everybody today we ‘ll talk about cause and effect)
·      Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu tips secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar)
·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional

10 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang suatu keadaan  terkait sebab akibat  dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·      Siswa menyaksikan/ menyimak  berbagai keadaan dan kejadian  terkait sebab akibat.
·      Siswa mengamati tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari  hubungan sebab akibat
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan tujuan komunikasi, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur
·      Siswa berlatih menggunakan kalimat sesuai stuktur kebahasaan terkait sebab akibat yang terjadi di kelas/di sekolah secara lisan dan tulis : pingsan/di tegur guru/juara/dll
·      Siswa mempertanyakan sebab suatu keadaan / kejadian di kelas  kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Secara individu siswa menyalin beberapa sebab akibat
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
105 menit







Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
5  menit

Pertemuan  2-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10 menit
Inti
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa membahas sebab akibat tentang masalah di lingkungan.
·      Siswa membandingkan beberapa alasan/sebab  terjadinya suatu kejadian atau keadaan di lingkungan : kemacetan/korupsi/demo/ dll
·      Tugas 1 : presentasi kelompok : memperbandingan alasan   tentang suatu sebab akibat masalah dan solusinya
·      Tugas 2 (alternative)  : Siswa bergantian mempresentasikan tugas kelompok dalam bentuk talkshow/berita/ yang mereka buat. in group presentation in  front of the class
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap permasalahan yang disampaikan dalam kerja kelompok.
105 menit


Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar  (learning journal)
·      salam
5  menit




G.  Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)                                                                                    Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                                   Guru Mata Pelajaran

                 Ttd                                                                                     Ttd

Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                                Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                               NIP. 19670727 200701  2 011
        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice