RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/1
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Passive Voice
Skill                             : Writing & Speaking
Pertemuan Ke-          : 15- 17
Alokasi Waktu          : 3 x 3  x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar   Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.   Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.5.    Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5. Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mendeteksi suatu deskripsi produk atau seni budaya  dalam bentuk pasif    
2.         Siswa dapat membahas suatu deskripsi produk atau seni budaya  dalam bentuk passive voice           
3.         Siswa dapat  meyusun deskripsi produk atau seni budaya  dalam bentuk passive voice   secara lisan dan  tulis  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.         Siswa dapat mempresentasikan suatu deskrpsi produk atau seni budaya dalam bentuk passive voice

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman dalam teks ilmiah faktual .
2.         Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  terkait passive voice
3.         Menerapkan  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks passive voice     
4.         Menyusun laporan deskripsi produk atau seni budaya dalam bentuk passive voice secara lisan dan tulis

D.    Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi Factual Report + Passive Voice ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
Fungsi sosial
-       Mengamati alam
-       Menulis  deskripsi produk / seni budaya  
Struktur
-       Klasifikasi  Umum tentang produk / seni budaya/ binatang  
e.g.
     Slow loris is a  mammal. It is found in ... It is a nocturnal animal.
      It is very small with ....
-       Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-       Simple Present
-       Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/produk/seni budaya
-       Kata sifat
-       Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
-       ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Rujukan kata

E.  Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode            :   Group Presentation
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa ditanya tentang suatu laporan dari berita “what is the  news on TV today? It said that Indonesia   . . .   ! is that right ? Oh ?  OK! etc.  
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·    Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu reks ilmiah factual secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar)
·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional

10 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang fungsi suatu laporan/ informasi  ilmiah  dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·      Siswa membaca suatu informasi yang di kemas dalam bentuk passive voice  
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan informasi terkait
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam paparan tersebut.
·      Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks faktual report dalam bentuk passive voice
·      Siswa mendengarkan/ membaca teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
·      Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report yang dalam uraiannya menggunakan passive voice
·      Siswa mengelompokkan struktur, fungsi sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
·      Siswa mendapat tugas untuk mengemas berbagai informasi  atau factual report dalam berbagai bentuk berita dalam bentuk passive voice
·      Siswa mendiskusikan kerja kelompok Live Report dengan tema bebas yang diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi pertemuan berikutnya.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan  teman tentang hasil analis  tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita yang disampaikan dalam kerja kelompok
·      Tugas  : menyiapkan presentasi kelompok
105 menit







Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
5  menit

Pertemuan  2-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10 menit
Inti
·   Siswa mennyiapkan kerja kelompok Live Report yang diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi
·   Siswa bergantian mempresentasikan Live Report   in group presentation in  front of the class
·   Siswa memperoleh evaluasi dan penguatan dari guru dan teman
105 menit


Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar  (learning journal)
·      salam
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)


                                                                                     Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                                   Guru Mata Pelajaran

                     Ttd                                                                                 Ttd

Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                                Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                               NIP. 19670727 200701  2 011
        
                                     













Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text