RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester : 11/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik :
Passive Voice
Skill :
Writing & Speaking
Pertemuan Ke- : 15- 17
Alokasi Waktu :
3 x 3 x 40 menit
A.
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.2. Mengembangkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.5.
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5.
Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Siswa dapat mendeteksi suatu deskripsi produk atau
seni budaya dalam bentuk pasif
2.
Siswa dapat membahas suatu deskripsi produk atau seni
budaya dalam bentuk passive voice
3.
Siswa dapat meyusun
deskripsi produk atau seni budaya dalam
bentuk passive voice secara lisan dan tulis
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.
Siswa dapat mempresentasikan suatu deskrpsi produk
atau seni budaya dalam bentuk passive voice
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam
berkomunikasi dengan guru dan teman dalam teks ilmiah faktual .
2.
Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi terkait
passive voice
3.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks passive voice
4.
Menyusun laporan deskripsi produk atau seni budaya dalam bentuk
passive voice secara lisan dan tulis
D.
Materi Pembelajaran
1. Penanaman sikap gembira, tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.
Contoh Materi Factual Report + Passive
Voice ( terlampir)
3.
Penggunaan unsur-unsur kebahasaan
:
Fungsi sosial
-
Mengamati alam
-
Menulis
deskripsi produk / seni budaya
Struktur
-
Klasifikasi Umum tentang produk / seni budaya/ binatang
e.g.
Slow loris is a mammal. It is found in ... It is a nocturnal
animal.
It is very small with ....
-
Penggambaran
mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya
Unsur kebahasaan
-
Simple Present
-
Kata kerja yang menggambarkan binatang/
benda/produk/seni budaya
-
Kata sifat
-
Berbagai kata benda terkait dengan benda/
binatang/ gejala alam yang diamati
-
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi.
Rujukan kata
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik (scientific).
Strategi : discovery learning
Metode : Group Presentation
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
· Siswa
ditanya tentang suatu laporan dari berita “what is the news on TV today? It
said that Indonesia . . . ! is that right ? Oh ? OK! etc.
·
Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·
Siswa menerima cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu reks ilmiah factual secara
lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar)
· Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai
manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh
dan perbandingan lokal, nasional dan internasional
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa brain
storming tentang fungsi suatu laporan/ informasi ilmiah dalam
kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan
konteksnya
· Siswa
membaca suatu informasi yang di kemas dalam bentuk passive voice
· Siswa
mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan informasi terkait
·
Dengan pertanyaan pengarah dari guru,
siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan
yang digunakan dalam paparan tersebut.
· Siswa
mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi rinci dari teks
faktual report dalam bentuk passive voice
· Siswa
mendengarkan/ membaca teks ilmiah faktual dengan membandingkan berbagai teks
report dengan memperhatikan tujuan, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai dengan konteks.
·
Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis
struktur dan unsur bahasa yang ada dalam beberapa teks report yang dalam
uraiannya menggunakan passive voice
·
Siswa mengelompokkan struktur, fungsi
sosial dan unsur kebahasaan teks berdasarkan penggunaannya.
·
Siswa mendapat tugas untuk mengemas berbagai
informasi atau factual report dalam
berbagai bentuk berita dalam bentuk passive voice
·
Siswa mendiskusikan kerja kelompok Live Report dengan tema bebas yang
diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi pertemuan berikutnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang hasil analis
tentang fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari teks berita
yang disampaikan dalam kerja kelompok
· Tugas : menyiapkan presentasi kelompok
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
|
5 menit
|
Pertemuan
2-3
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Siswa merespon
salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi kelas.
·
Siswa mengingat kembali keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
· Siswa mengingat kembali
tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
|
10 menit
|
Inti
|
· Siswa
mennyiapkan kerja kelompok Live Report
yang diberikan guru dan mempersiapkannya untuk presentasi
· Siswa
bergantian mempresentasikan Live Report in
group presentation
in front of the class
· Siswa
memperoleh evaluasi dan penguatan dari guru dan teman
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan. You did a great
job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.
By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling,
your problem and your success during my class in your journal
·
Siswa menuliskan
permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
·
salam
|
5 menit
|
G. Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H. Penilaian
·
Penilaian Sikap : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
pembelajaran.
·
Penilaian Pengetahuan : Teknik non test bentuk pengamatan
·
Penilaian Keterampilan : Teknik lisan
(permormace)
(
Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)
Tangerang, Juli
2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab.
Tangerang Guru
Mata Pelajaran
Ttd Ttd
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd. Sumiyati, S.Psi
|
NIP. 19590522 198603 1 007 NIP. 19670727 200701 2 011
|
Komentar
Posting Komentar