RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 4. Analitycal Exposition


A PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/1
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Eksposisi analitis
Skill                             : Writing & Speaking
Pertemuan Ke-          : 11-14
Alokasi Waktu          : 4 x 3  x 40 menit

    A.  Kompetensi Dasar
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar   Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4  .  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4.1.Menangkap makna dalam teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum
4.4.2.Menyusun teks eksposisi analitis tentang topik yang hangat dibicarakan umum

B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mengidentifikasi suatu teks eksposisi analitis    
2.         Siswa dapat menjelaskan fungsi suatu teks eksposisi analitis              
3.         Siswa dapat menyampaikan informasi suatu teks eksposisi analitis                      
4.         Siswa dapat menyimpulkan suatu teks eksposisi analitis secara lisan dan tulis  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi mengenai teks eksposisi analitis  dengan  guru dan teman.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  mengenai teks eksposisi analitis     
3.         Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, format dan  unsur kebahasaan mengenai teks eksposisi analitis        
4.         Menceritakan mengenai teks eksposisi analitis secara lisan dan tulis

D.    Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi teks eksposisi analitis  ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
Fungsi Sosial
   Menyatakan pendapat tentang topik yang hangat dibicarakan secara bertanggung jawab
Struktur teks
a.  Menyebutkan pokok permasalahan terhadap sesuatu yang hangat dibicarakan
b.  Menyebutkan pandangan / pendapat mengenai hal tersebut beserta ilustrasi sebagai  pendukung
c.  Diakhiri dengan kesimpulan yang menyatakan kembali pendapat terhadap hal tersebut
Unsur Kebahasaan:
-   Kalimat Simple Present
-   Conditional Clauses
-   Modals
E.     Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode            :   Role playing, discussion, debating
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa ditanya tentang suatu topik yang actual.   
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·    Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional

10 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang fungsi suatu teks analitis dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·      Siswa menyimak berbagai contoh teks eksposisi analisis  yang diberikan/ diperdengarkan guru 
·      Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
·      Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks eksposisi analitis
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks eksposisi yang ada dalam bahasa Inggris, Siswa mempertanyakan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa mencari beberapa text eksposisi analitis dari berbagai sumber.
·      Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
·      Siswa secara berkelompok menuliskan /menyalin teks eksposisi analitis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
·      Siswa membacakan teks eksposisi kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·      Siswa mempersiapkan diri dan berdiskusi untuk tugas kelompok debat.
105 menit







Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      salam
5  menit

Pertemuan  2-4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10menit
Inti
·      Secara pasangan siswa  menganalisis beberapa teks eksposisi dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Tugas kelompok :  Debat  (5 siswa /kelompok)
·      Siswa memperoleh topik untuk saling beradu pendapat atau argumentasi  sesuaidengan tim affirmatif atau tim negatif. 
·      Siswa berdiskusi dan menyiapkan argumentasi sesuai topik
·      Siswa bergantian saling beradu argumentasi dalam bentuk debat kelompok
·      Siswa/kelompok lain memperhatikan dan  memberikan reward kepada kelompok yang tampil
·      Siswa mendapat balikan dan penguatan dari guru.
105 menit


Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar  (learning journal)
·      salam
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)                                                                                    Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                                   Guru Mata Pelajaran
        
            Ttd                                                                                          Ttd

        
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                                 Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                                NIP. 19670727 200701  2 011
        
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice