RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 1. Sugestion & Offering


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/1
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Review Materi kelas 10 dan
                                      Ungkapan Memberi Saran dan Tawaran &
Skill                             : Reading, Writing, Speaking
Pertemuan Ke-          : 1 - 4
Alokasi Waktu          : 4 x 4 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.  Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, gembira dan cinta damai,  dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
3.1.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan memberi saran dan tawaran , serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1.   Menyusun teks lisan dan  tulis tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mengidentifikasi suatu saran dan tawaran   
2.         Siswa dapat membedakan antara saran dan tawaran
3.         Siswa dapat menjelaskan fungsi saran dan tawaran  
4.         Siswa dapat melakukan suatu penawaran sesuai konteks secara lisan dan tulis
5.    Siswa dapat merespon suatu penawaran dan saran dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
6.         Siswa dapat menyampaikan suatu penawaran dan saran secara lisan dan tulis

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman untuk memberi saran dan tawaran beserta responnya sesuai konteks.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi untuk memberi saran dan tawaran beserta responnya sesuai konteks
3.       Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk memberi saran dan tawaran beserta responnya sesuai konteks .
4.    Menyusun teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran beserta responnya sesuai konteks.

D.    Materi Pembelajaran
1. Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi Saran dan Tawaran serta responnya ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
Ungkapan  :   Saran dan tawaran:
 Why don’t you…                                        What about …?
You should …                                             You can ….
Do you need ….?
    Unsur kebahasaan
(1)   Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)   Rujukan kata

Topik  :  Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif
E.  Model/Metode Pembelajaran

      Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
      Strategi            :   discovery learning
      Metode            :   Role playing, Discussion

F.     Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·  Siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- 
    masing
·   Siswa merespon salam dan merespon perkenalan dari guru
· Siswa merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris yang diterima sebelum masuk SMK serta hambatan dan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris
·  Siswa menerima informasi pentingnya bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan ilmu pengetahuan.
·    Siswa mendapat motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional pada orang -orang yang menguasai bahasa inggris dan tidak menguasai bahasa inggris.
·     Siswa menerima informasi kompetensi, tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan yang akan dolaksanakan sesuai silabus.

30  menit
Inti
·       Siswa merespon pertanyaan tentang pengetahuan dan kemampuan siswa tentang pengetahuan dan ketrampilan pembelajaran di kelas 10 dipancing oleh guru dengan cara brain storming.
·       Siswa mereview pembelajaran di kelas 10
·     Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun serta gembira, siswa secara interactif mengkomunikasikan ide pikiran tentang kelengkapan informasi data diri
·       Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui tulisan.
·       Siswa berlatih memaparkan jati diri melalui lisan.
·    Secara perpasangan dan gembira, siswa berlatih dan saling bertanya mengenai informasi diri
·    Dengan gembira, siswa berganti pasangan  dan saling bertanya mengenai informasi diri di seluruh kelas (10 kali ganti pasangan bicara)
·         Siswa mereview pembelajaran lainnya di kelas 10
·         Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun serta gembira, siswa mengikuti instruksi guru  untuk berkomunikasi dengan seluruh kelas.

110 menit




Penutup
·   Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·    salam
10 menit

Pertemuan  2-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·  Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10 menit
Inti
·    Siswa mengingat kembali / brain storming tentang tentang teks recount  tentang pengalaman/kegiatan/kejadian/peristiwa sebagai wujud rasa syukur
· Siswa membacakan teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·    Siswa berlatih menyusun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi teks recount.
·    Siswa mennyampaikan kegiatan  liburan panjang mereka secara tertulis
·    Siswa mennyampaikan kegiatan  liburan panjang mereka secara lisan di depan kelas secara random
·    Siswa mengingat kembali penjelasan tentang  mendeskripsikan orang dan suatu benda beserta fungsi(sosial)nya sebagai wujud rasa syukur. ( kendaraan : kita lebih cepat kemana-mana; komputer : lebih cepat mengerjakan sesuatu, friend is kind, frendly, mom is full of compassion)
·    Siswa berlatih mendescripsikan orang dan benda dari berbagai   sumber/model  yang ada di sekitarnya secara tertulis
·    Siswa melakukan questions and answers mengenai photo atau benda yang dibawanya pada teman-teman yang berbeda in pair/in group dengan cara mendeskripsikannya.
·    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

135 menit
Penutup
·         Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         salam
15  menit


Pertemuan 4
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.

·      Siswa ditanya tentang suatu saran “where is A ? sick ? why do you think A is sick?”what is your sugestion for her?.OK.  We hope she get better soon! ect.   

·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (talking about sugestion. Ok everybody today we ‘ll talk about sugestion and offering)

·      Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus( yaitu saran dan tawaran secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar)

·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.


20 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang fungsi saran dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya atau
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
-       Fungsi sosial
-       Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan tawaran
-       Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi  saran dan tawaran dan responnya.
·      Siswa menyimak/ mendengarkan  ungkapan  memberi  saran dan tawaran dan responnya dengan  (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun dan peduli.
·      Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan ungkapan yang digunakan.
·      Siswa belajar mengambil giliran dalam melakukan tindak komunikasi
·    Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan  dan tawaran dan meresponnya
·    Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut
·    Siswa berlatih mengambil giliran dan menggunakan kesantunan dalam berkomunikasi
·    Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.  
·    Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·      Siswa bermain peran memberi saran dan tawaran serta responnya
·    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
135 menit


Penutup
·         Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·         PR : menanyakan saran dari orang tua tentang anak-anak mereka.
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
      Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)

                                                                                               Tangerang,       Juli   2018
   Mengetahui,
    Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                               Guru Mata Pelajaran

                 Ttd                                                                                           Ttd
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                              Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                                    NIP. 19670727 200701  2 011
        
                                     





    





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice