RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 3. Undangan Resmi


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/1
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Undangan Resmi
Skill                             : Writing & Reading
Pertemuan Ke-          : 8 - 10
Alokasi Waktu          : 3 x 3 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.   Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional  
3.3.      Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3.1    Menangkap makna teks undangan resmi.
4.3.2    Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mengidentifikasi suatu undangan resmi   
2.         Siswa dapat menjelaskan makna teks undangan resmi
3.         Siswa dapat merespon undangan resmi 
4.         Siswa dapat meyusun undangan resmi  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman yaang berkaitan dengan undangan resmi.
2.         Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi yang berkaitan dengan undangan resmi.
3.         Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan berkaitan undangan resmi  
4.         Menyusun teks lisan dan tulis berkaitan dengan undangan resmi.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi Undangan Resmi ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
Fungsi Sosial   :   Menjaga hubungan transaksional dengan orang lain
Struktur   Salutation
-             Will/ Couid  you come   with me to the exhibition?
-             Is it possible for you to attend my birthday partyr?
    Closing
Unsur kebahasaan:
(1)    Kata dan tata bahasa baku
(2)    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)    Layout
(5)    Rujukan kata
E.  Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode            :    Discussion, role playing
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa ditanya tentang suatu undangan“ yesterday one of student celebrated her brithday. She is the only one child, so her parents invited all teachers and a lot of people. Just like wedding celebration. Woow and all teachers got beautiful invitations” have you got invitation like that ? etc.   
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (talking about undangan resmi. Ok everybody today we ‘ll talk about invitation)
·      Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus (yaitu undangan resmi secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar)
·      Siswa memperoleh motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, disertai contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional

10 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang fungsi undangan resmi dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·      Siswa membaca/ mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
·      Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
·      Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·      Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·      Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.
·      Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain  dari berbagai sumber ( surat undangan osis, dll)
·    Siswa menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
105 menit







Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

5  menit


Pertemuan  2-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

10 menit
Inti
·   Siswa menunjukan persiapan untuk membuat undangan
·   Siswa membuat undangan dengan desain yang sesuai selera masing-masing
·   Siswa membacakan undangannya in group discussion/in random
·   Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari undangan-undangan yang dibawanya.
·   Siswa menyunting undangan yang diambil dari berbagai sumber
·   Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
·   Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
·   Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat  
105 menit






Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar  (learning journal)
·      Salam 
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)

                                                                                     Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                                   Guru Mata Pelajaran

            Ttd                                                                                          Ttd

Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                                  Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                                 NIP. 19670727 200701  2 011
        
        




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice