RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 2. Opinion


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SMKN 7 Kab. Tangerang
Kelas/Semester          : 11/1
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                          : Ungkapan Menyatakan Opini
Skill                             : Reading, Speaking
Pertemuan Ke-          : 5 - 7
Alokasi Waktu          : 3 x 3 x 40 menit

A.  Kompetensi Dasar
1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2.    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2.    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks. 
B.  Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.         Siswa dapat mengidentifikasi suatu opini   
2.         Siswa dapat menjelaskan fungsi opini  
3.         Siswa dapat menyampaikan  opini
4.         Siswa dapat menanyakan  suatu opini dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Menunjukkan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan guru dan teman untuk menyampaikan opini .
2.         Menunjukkan perilaku jujur, percaya diri, dan tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi untuk menyampaikan dan menanyakan opini sesuai konteks
3.         Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyampaikan dan menanyakan suatu opini sesuai konteks .
4.         Menyusun teks lisan dan tulis untuk menanyakan dan menyampaikan opini.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Penanaman sikap gembira, tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.
2.      Contoh Materi Opini ( terlampir)
3.      Penggunaan unsur-unsur kebahasaan  :
Fungsi Sosial   :   Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan   : menyatakan  pendapat/pikiran
  I think …
                                                 I suppose...
  In my opinion
Unsur Kebahasaan
Ucapan, tekanan kata,   intonasi  

E.  Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan     :   Saintifik (scientific).
Strategi            :   discovery learning
Metode           :    Role playing, interview
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa ditanya tentang suatu opini “where is A ? sick ? why do you think A is sick?”what is the cause of her sickness ?.OK. what do you think of me ? what do you think of the weather today  ? ! etc.  
·     Siswa menerima informasi tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai (talking about opinion. Ok everybody today we ‘ll talk about opinion)
·      Siswa menerima cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus( yaitu opini secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar)

15 menit
Inti

·      Siswa brain storming tentang fungsi opini dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·      Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat  / pikiran  
·      Siswa merespon  interaksi menyatakan pendapat / pikiran
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat / pikiran  (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan  menyatakan pendapat / pikiran  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
·      Siswa menyatakan pendapat / pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·      Siswa secara berkelompok berdiskusi mengerjakan tugas terkait opini dalam bentuk talkshow /wawancara/ dll. : contoh  bisa tentang menginterview orangtua tentang sinetron/berita/info actual yang mereka tonton/dengar

100 menit
Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
·      PR : siswa interview orangtua tentang sinetron/berita/info actual yang mereka tonton/dengar
5  menit

Pertemuan  2-3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·      Siswa merespon salam dan merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi kelas.
·      Siswa mengingat kembali keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Siswa mengingat kembali tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.

15 menit
Inti
·      Siswa brain storming tentang fungsi opini dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahluk sosial, di sesuaikan dengan situasi dan  konteksnya
·   Siswa menyampaikan opini orang tua mereka tentang topik yang mereka tanyakan in group discussion/in random sebagaimana tugas yang diberikan
·   Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·   Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
·   Siswa menyatakan pendapat / pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur. ( giving reason : working with certain character/like/dislike/Taking a bus=> optional)
·   Siswa mengerjakan tugas dari Modul/LKS
·   Siswa menyatakan pikiran dan pendapat  dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
100 menit



Penutup
·      Siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
·      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. You did a great job today, I’m very happy with your activity. Thank you very much for your participation.  By the way, how do you feel to be in my class? Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal
·      Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
·      salam
5  menit

G.  Sumber/Media Pembelajaran
Buku/internet/gambar/Modul/kartu
H.    Penilaian
·         Penilaian Sikap                 : Teknik non test bentuk pengamatan sikap dalam
                                             pembelajaran.
·         Penilaian Pengetahuan      : Teknik non test bentuk pengamatan
·         Penilaian Keterampilan     : Teknik lisan (permormace)
                                                      ( Instrumen penilaian dan Rubrik Penilaian terlampir)                                                                                    Tangerang,       Juli   2018
Mengetahui,
Kepala SMKN 7 Kab. Tangerang                                                   Guru Mata Pelajaran

               Ttd                                                                                       Ttd
        
Drs. H. Jamas Sopiandi, M. Pd.                                              Sumiyati, S.Psi                     
NIP. 19590522 198603 1 007                                             NIP. 19670727 200701  2 011
        






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bahasa Inggris kelas 11 KD 7 : Cause and Effect

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 KD . 8 : Explanation Text

RPP Bahasa Inggris Kelas 11 SMK KD 5. Passive Voice